Indeks BLog

Aku bersedih saat hewan ternakku mati

Ngabei Blog.Kehidupan dikampung yang selalu menampilkan kesederhanaan dalam kehidupan kesehariaannya dikarenakan sumber pendapatan yang diharapkan dari hasil musiman yaitu panen padi,jagung,kedelai serta tanaman palawija.Inilah lika-liku kehidupan ,itupun tidak mengurangi rasa semangat untuk menuju kehidupan layak ditengah persaingan yang semakin ketat dibeberapa sektor kehidupan.

Bersama-sama anak kampung lainnya ,Aku mengikuti aliran kehidupan ala kampung .Disaat panen banyak aktivitas mulai dari membuka lahan ,bercocok tanam yang dicocokkan dengan musim tanam .Disaat musim hujan padi sebagai tanaman para petani,saat musim kemarau jagung,kedelai sebagai tanamanannya.Disamping mengandalkan bercocok tanam biasanya warga mempunyai hewan ternak baik sapi ,kambing,ayam untuk mengisi aktivitas sehari-hari yang digunakan sebagai celengan /tabungan yang bisa digunakan saat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pada saat itu banyak anak –anak sebaya yang beraktivitas setelah selesai sekolah yaitu mengembala kambing .Kira-kira ada 5 anak yang bersamaku saat mengembala kambing yang lepas diarea lapangan ,sawah dan kebonan.Biasanya aku lakukan dengan melakukan pembagian tugas jaga untuk menghindari kambing –kambing itu memakan tanaman pertanian .Dengan modal radio kecil sebagai hiburannya dan sebotol air minum yang selalu ada disaat aku mengembala kambing.

Inspirasi datang setelah aku membaca biografi salah satu tokoh indonesia yang berasal dari sebuah kampung yang pada masa kecilnya suka mengembala hewan ternak bersama temannya.Dari inspirasi itulah aku pengen sekali punya hewan piaraan yaitu kambing .Secara kebetulan saudara dari ibuku menawari hewan ternak itu dengan cara menawarkan bagi hasil.Setelah ditanya kesediaanku ,aku langsung menyanggupinya .Dari situlah aku mulai suka mengembala kambing bersama temenku dan selalu membawa sebuah buku bacaan yang selalu ada di kantongku sambil mengembala kambing.

Setelah enam bulan lamanya aku mengembala kambing ,sudah mulai tampak hasilnya yaitu hewan ternakku hamil 3 bulan.Tanpa diduga disuatu ketika ternakku sakit ,dengan bantuan seorang tetangga ternakku dikasih ramuan sebagai obat.Diwaktu pagi sekali aku denger kabar dari bapakku bahwa kambingku mati dikandang,Secara spontan aku melihatnya ternyata benar .Disaat itu aku merasa sedih sekali karena usahaku selama enam bulan hasilnya nol dari berakhir dengan kehilangan.

Sebagain kenangan itulah aku mulai berpikir sesuatu yang hidup pasti akan mati.Barang atau benda yang kita suka kadang musnah /hilang jika yang punya kuasa mengambilnya.Semua yang ada didunia adalah titipan / amanah yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya jika sewaktu-waktu diambil kitapun harus rela dan,ikhlas untuk menyerahkannya .Selagi masih diberi titipan yang melimpah ,kitapun harus ingat/bersyukur dan berbagi kepada yang lain yang membutuhkannya serta jangan kita dibuat kikir ,serakah oleh semua itu,oleh karena itu lihatlah kebawah dan jangan selalu liat keatas .(Ngabei Blog/yanto)
Tags:

Share Button :

Digg
Google Bookmarks
reddit
Mixx
StumbleUpon
Technorati
Yahoo! Buzz
DesignFloat
Delicious
BlinkList
Furl
Twitter
Facebook

Ngabei Yanto Blog

Tinggalkan pesan anda ! Isi kolom di bawah ini .Tulislah pesan dengan sopan tanpa menyinggung pihak lain. Terima Kasih atas kunjungannya !

0 komentar

Tunggu Balasanya