Indeks BLog

Aturan Yang Menuju Keseimbangan Kehidupan

Dunia/bumi ini bulat yang tidak berpangkal diibaratnya seperti telur .Perkembangan jaman telah berubah dari manual ke digital ,Banyak kejadian-kejadian yang membuat kwatir dan was-was .Coba kalo kita baca di koran ,surat kabar dan media elektronik yang dalam pemberitaanya yang dimuat yang memaksa menggelengkan kepala.Masih ada segelintir orang yang melakukan tindakan kriminal,asusila dan pelanggaran lainnya yang melanggar hukum agama dan negara.

Untuk menghindari tindakan yang melanggar sebaiknya kita semua mengkoreksi ,instropeksi dan selalu waspada .Seperti pepatah jawa “sakbejo-bejone wong kang lali ,Isih bejo wong kang eling lan waspada ” yang artinya se beruntung-untungnya orang yang lupa (kelewatan),Masih beruntung orang yang selalu ingat (yang kuasa) dan waspada, yang intinya kita harus selalu bertaqwa /beriman kepada Gusti Alloh .SWT dan selalu waspada dalam bertindak yang dengan mempertimbangkan benar salah, untung buntung .

Dalam kehidupan sudah ada aturan –aturan yang sudah ada ,Agar slamet dalam menjalani kehidupan dibawah ini ,Mungkin bisa jadikan bahan inspirasi.Aturan apa saja yang tidak boleh dilanggar dan harus dihormati, yangdapat membawa kita aman/Slamet dalam kehidupan ini.

  1. Aturan /Norma Keluarga:Aturan ini yang diajarkan oleh kedua orang tua/mertua yang wajib kita menjalankan aturan ini .Karena Orang tua /Mertua kita telah banyak memberi kita kesenangan,kebahagian,Ilmu .Orang tua yang baik ,pasti tidak mau menjerumuskan anaknya kearah yang tidak baik.Hanya orang tua yang sekarat yang mau membuat anaknya celaka.Wajib hukumnya kita harus memberi penghormatan setingginya-tingginya kepada Kedua orang tua/mertua ,walaupun terjadi perbedaan pendapat .Karena suraga ada di telapak orang tua kita.
  2. Guru :Ini sama kelasnya dengan orang tua kita ,wajib pula kita harus memberi penghormatan tertinggi karena guru kita ,Karena adanya guru ,kita yang tadinya bodo jadi pinter,yang tadinya nggak tau jadi tau.Guru kita secara iklas memberi ilmu kepada kita agar kita bisa jadi orang yang bermanfaat .Seperti yang dicerikan dalam wayang kulit dalam lakon “DEWO RUCI” werkudoro yang disuruh oleh pendeto durno untuk njebur laut padahal maksudnya untuk mencelakakkan werkudoro tetapi itu perintah guru, werkudoro melaksanakan perintahnya walaupun saudara ,Ibunya dan temenya menghalanginya .Akhirnya malah bisa ketemu Dewo Ruci.Nggak seperti sekarang ini masih banyak murid yang tidak menghormati gurunya malah ngajak guyon(ngledek).Guru yang baik pasti mengajarkan kebaikan ,tidak mungkin mengajarkan yang salah. Maka guru sering disebut “Pahlawan tanpa tanda jasa”.
  3. Aturan Negara : Aturan ini mengatur hak dan kewajiban warga negara.Hukum perdata dan pidana untuk menegakkan keadilan dan ketertiban untuk menuju ketentraman masyarakat. Barang siapa melakukan pelanggaran akan mendapat hukuman sesuai perbuatannya.Coba kita lihat jika ada maling ,koruptor pasti akan dihukum jika terbukti bersalah.Maka aturan ini harus kita ikutin dan harus dihormati .Aturan negara sering dimainkan oleh oknum dengan berbagai cara untuk melemahkan keberadaan aturan ini yang akibatnya terjadi utak –utik yang kebablasan.
  4. Aturan Agama : di setiap-tiap ajaran agama pasti mengajarkan kebaikan untuk menuju keseimbangan hidup dan kehidupan.Aturan ini akan dipertanggung jawabkan oleh manusia kepada penciptanya.Didalam aturan ini inti dari pada aturan yang ada karena mengatur kehidupan manusia dengan manusia ,masyarakat dengan bangsanya ,manusia dengan penciptannya.Untuk menuju keselamatan dunia dan akhirat wajiblah kita menjalankan ,mengamalkan ajaran ini sebagai pedoman hidup kita.
Dari yang tersebut diatas bisa dijadikan renungan agar kita menyongsong kehidupan kedepan yang lebih mantab dan berbobot yang pada akhirnya untuk menuju keselamatan di dunia dan
akhirat..Ngabei/Blg.

Tags:

Share Button :

Digg
Google Bookmarks
reddit
Mixx
StumbleUpon
Technorati
Yahoo! Buzz
DesignFloat
Delicious
BlinkList
Furl
Twitter
Facebook

Ngabei Yanto Blog

Tinggalkan pesan anda ! Isi kolom di bawah ini .Tulislah pesan dengan sopan tanpa menyinggung pihak lain. Terima Kasih atas kunjungannya !

0 komentar

Tunggu Balasanya