Indeks BLog

Air Terjun Sedudo

" Air Terjun Sedudo " adalah salah satu wisata yang menjadi kebanggaan kota Nganjuk.

Lokasi :
Terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dari permukaan laut, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter.

Sejarah :
Konon cerita yang yang berkembang di masyarakat air terjun sedudo adalah tempat pertapaan Ki Ageng Ngliman yang sangat berjasa menyebarkan agama islam di Kota Nganjuk pada waktu itu .Untuk mengetahui siapa , Ki Ageng Ngliman yang merupakan tokoh kharismatik ,Saya sarankan anda semua menanyakan langsung pda Juru kunci atau sesepuh yang ada di desa Ngliman ,sewaktu anda pergi berwisata di Air Terjun Sedudo.

Panorama Alam Sekitar Air terjun :
Lokasi air terjun sedudo ini berada di gunung wilis dengan ketinggian 1.438 dpl ini ,mempunyai pesona alam yang sangat indah yang dikelilingi banyak pepohonan dan juga bisa di bilang masih alami yang terbukti masih bisa dirasakan dengan hawa sejuknya suasana pegunungan .

Prasarana Jalan :
Untuk menuju ke objek wisata air terjun sedudo kira-kira jaraknya 30 km dari pusat kota nganjuk dengan jalan yang beraspal mulus ,dengan jalan agak sedikit berkelok - kelok dan kadang -kadang kita jumpai jalan yang menanjak tentunya kita harus berhati- hati agar supaya kita sampai ketempat tujuan dengan selamat.

Fasilitas Disekitar Air Terjun :
Seirng dengan banyaknya pengunjung dari luar daerah ,Disekitar lokasi juga terdapat penginapan ,Tempat jual makanan ,Tempat penjual cenderamata sehingga kita merasa tidak merasa khawatir mencari tempat berteduh untuk beristirahat .

Mitos Air Terjun Sedudo :
Mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan jika mandi di air terjun sedudo pada waktu bulan suro tepatnya pada malam purnama diyakini dapat awet muda dan dapat menambah kewibawaan .Sehingga pada bulan suro warga desa ngliman mengadakan ritual yang sudah berlangsung secara turun-temurun Dengan maksud untuk menghormati jasa besar Ki Ageng Ngliman ......
Tags:

Share Button :

Digg
Google Bookmarks
reddit
Mixx
StumbleUpon
Technorati
Yahoo! Buzz
DesignFloat
Delicious
BlinkList
Furl
Twitter
Facebook

Ngabei Yanto Blog

Tinggalkan pesan anda ! Isi kolom di bawah ini .Tulislah pesan dengan sopan tanpa menyinggung pihak lain. Terima Kasih atas kunjungannya !

0 komentar

Tunggu Balasanya