Indeks BLog

Sejarah Wali Songo Dalam Penyebaran Islam Di Jawa

Wali songo Berarti “Sembilan orang wali” .Bagi masyarakat jawa sendiri tidak asing lagi tentang sejarah wali songo .Karena Islam masuk ketanah jawa dan penyebarannya dilakukan oleh para wali songo dengan berbagai cara dakwah , seni budaya ,tembang (nyanyian gending jawa ) ,dll .Pada akhirnya berkat jasa Sembilan wali inilah Islam berkembang dengan pesat di tanah jawa yang pada waktu itu masyarakat jawa kebanyakan masih memeluk agama Hindu dan Budha.
Inilah Nama –Nama Sembilan wali (Wali songo):
  1. Sunan Gresik. atau Maulana Malik Ibrahim
  2. • Sunan Ampel . Pada masa kecilnya bernama Raden Rahmat
  3. • Sunan Giri. Nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden 'Ainul Yaqin dan Joko Samudra.
  4. • Sunan Bonang. Dengan nama aslinya Raden Maulana Makdum Ibrahim.
  5. • Sunan Drajat . Nama kecilnya adalah Raden Qasim, kemudian mendapat gelar Raden Syarifudin.
  6. • Sunan Kalijaga. Nama Aslinya Raden Said. Nama lain Sunan Kalijaga antara lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman
  7. • Sunan Kudus. Dilahirkan dengan nama Jaffar Shadiq
  8. • Sunan Muria. Dilahirkan dengan nama Raden Umar Said atau Raden Said
  9. • Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
Wali songo mempunyai hubungan keterkaitan erat yaitu hubungan yang bersifat hubungan darah ,kerabat dan hubungan guru dengan murid.Pada umumnya beliau tinggal dipesisir utara pulau jawa yakni Surabaya-Gresik-Lamongan-Tuban-Kudus-Demak. Wali Songo adalah para tokoh intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada masanya. Mereka mengenalkan berbagai bentuk peradaban baru: mulai dari kesehatan, bercocok tanam, niaga, kebudayaan dan kesenian, kemasyarakatan hingga pemerintahan. Berkat wali songo inilah Islam berkembang ditanah jawa khususnya hingga sampai saat ini .Untuk mengenang jasa perjuangan beliau-beliau mari kita bersama-sama mendoakan agar beliau ditempatkan oleh Allah .SWT ditempat yang terpuji sesuai amal & ibadahnya.Amin..

Tags:

Share Button :

Digg
Google Bookmarks
reddit
Mixx
StumbleUpon
Technorati
Yahoo! Buzz
DesignFloat
Delicious
BlinkList
Furl
Twitter
Facebook

Ngabei Yanto Blog

Tinggalkan pesan anda ! Isi kolom di bawah ini .Tulislah pesan dengan sopan tanpa menyinggung pihak lain. Terima Kasih atas kunjungannya !

0 komentar

Tunggu Balasanya